Cari Blog Ini

Minggu, 08 Januari 2012

Pemanfaatan Facebook Sebagai Media bisnis

 

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saya mengambil judul ini karena saat ini memang demam facebook sedang melanda hampir seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali juga indonesia. Saat ini siapa yang tidak mengenal yang namanya facebook bagi orang yang melek internet, di indonesia berbagai kalangan seperti pelajar, pekerja,hingga oranga tua tidak mau kalah dengan situs jejaring sosial ini karena dirasa lebih mudah dan lebih murah. Facebook memberikan kesempatan pada para anggotanya untuk memperluas pertemanan di dunia maya. Para anggota bisa berkomunikasi dengan teman sekolah, teman kantor, orang tua, dan bahkan teman masa lalu. Karena melalui media facebook, dalam bergaul tidak harus lagi bertemu secara langsung. Bisa dilakukan melalui dunia maya, yang memberikan kemudahaan dan bisa menggunakan waktu secara efisien.
Facebook memiliki berbagai kelebiahan dibandingkan dengan situs yang lain yaitu antara lain tampilan facebook lebih simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis seperti friendster, myspace, dan lain. Menu pada facebook, lebih lengkap dan mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan para pengguna facebook yang masih pemula. Di facebook seseorang dapat mengetahui siapa-siapa saja teman  yang sedang online karena terdapat fasilitas chatting online, sehingga pengguna dapat melakukan chating secara langsung dengan pengguna lainnya yang sedang online. Dalam hal translate bahasa facebook nomer satu, Karena facebook menyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang lebih lengkap. Mungkin inilah yang membuat situs facebook lebih unggul jika dibandingkan dengan twitter dan social media lainnya.
Tidak hanya sebagai media bergaul, mencari teman atau mencari jodoh, facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran dan promosi online jika bisa memanfaatkan dan memahami tips dan triknya. baik melalui page-page khusus ataupun memalui iklan facebook sehingga menjadikan bisnis yang dilakukan melaui facebook bisa berkembang dengan pesat serta lebih efisien dan lebih efektif sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah sejarah facebook.
2.      Apakah bisnis online itu.
3.      Bagaimana bisnis melaluai media facebook

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Facebook
facebook adalah sebuah situs jejaring sosial  yang diluncurkan pada 4 februari 2004,yang didirikan oleh lulusan harvard dan mantan murid ardsley higt school dia adalah Mark Zuckkerberg.  Dulu komsumen facebook terbatas untuk mahsiswa hardvard college. Namun, dua bulan selanjutnya, jejaring sosial ini memperluas keanggotaanya ke sekolah-sekolah lain di boston. Sekolah tersebut antara lain :  boston colege, boston unuversity, MIT, Tufts, Rochester, Stnaford,NYU,norehwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam ivy league.
Perlahan tapi pasti, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, facebook menyebar hingga ke perguruan tinggi lain. Hingga akhirnya, orang-orang memiliki alamat email universitas, seperti: .edu, .ac, .uk, dan lain-lain, diseluruh dunia dapat mengakses dan bergabung daam situs pertemanan ini. Sebelumnya pada tahun 2002, orang-orang banyak menggunakan friendster sebagai situs jejaring mereka. Hampir sama dengan facebook, friensdster bisa mengekspresikan diri melalaui foto,biodata,kebiasaan,dan hobi. Selai itu,friendster  juga bisa menghubungkan mereka dengan teman-teman lama yang tidak pernah berjumpa lagi.
Saat ini, friendster masih beroprasi dengan mayoritas penggunanya adalah anak-anak SMA dan mahasiswa baru. Dan sekarang anggota fiendster suadah mencapai 50 juta orang. Anggota terbesarnya berada di Asia, dan sebanyak 2 juta orang bersal dari indonesia. Jumlah tersebut menjadikan indonesia menjadi negara terbesar kedua yang mengakses friendster setelah filipina, yang penggunanya mencapai 3,5 juta orang,namun kini tren friendster sudah tergantikan oleh munculnya facebook.
Jaringan facebook mulai dikembangakan untuk sekolah sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Baru pada 11 september 2006, setiap orang dengan alamat email apapun dapat mandaftar di facebook. Seperti yang berkembang saat ini, para pengguna facebook bebes memilih dan bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, apakah berdasarkan sekoalah, tempat kerja, ataupun wilayah geografisnya.
Sejak keanggotaan facebook di buka umum, anggotanya terus bertambah. Pada tahun 2007, facebook mempunyai anggota sebangak 50 juta orang yang aktif, dengan pertambahan  1 juta orang baru setiap minggunya. Di indonesia, pengguna facebook mencapai 3.300.000 orang, dengan mayoritas berusia 18-24 tahun mencapai 1.300.000 orang, dan usia 25-34 tahun mencapai 1.000.000 orang. Jumlah tersebut adalah perkiraan pada awal bulan mei 2009, dan hingga saat ini perkembanganya terus meninggkat, mencapai 159.000 anggota baru tiap mingguanya.
Jaringan pertemanan yang sukses merekrut jutaan anggota ini menemui kendala di beberapa negara, seperti: suriah,iran,dan beberapa tempat kerja. Mereka sengaja memblokir jaringan facebook agar para pekerja tidak menyalahgunakan  waktu kerja mereka untuk membuka facebook. Selain itu, masalah lainnya adalah karena sebuah tuduhan yang dilemparkan pada zackerberg, sang pencetus facebook. Dia dianggap telah mencuri kode program dari teman-temannya untuk membuat facebook. Seperti situs jejaring sosial lainnya facebook muncul karena trend. Saat seorang teman menyukai facebook, maka iapun mengajak temannya untuk ikut bergabung. Saat ini, facebook juga dipakai menjadi alat untuk kampanye bagi calon presiden indonesia, setelah melihat keberhasilan presiden Barrack Obama berkampanye melalaui media internet, termasuk facebook.
Selain membantu mengajak orang untuk berteman, facebook juga memberikan fitur-fitur menarik lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, setiap anggota bisa melakukan apa saja. Hal ini menjadikan facebook menjadi internet dalam internet. Karena facebook juaga memberikan kesempatan kepada para anggotanya untuk berain kuis dan game dengan teman-temannya.
Situs yang paling populer dalam facebook adalah facebook status update  dengan fitur ini, semua orang  bisa tahu seberapa besar eksistensi  seseorang dalam facebook. Melalui status update tersebut, orang dapat berkomentar  tentang status update yang dibuat. Selain fitur tersebut, dalam facebook juga bisa mengupload foto,video,note,dan lain-lain. dapat bertukar foto dan video antar orang yang satu dengan orang yang lainya.
Saat ini, banyak radio,acara-acara TV,dan juga instansi lain yang memanfaatkan facebook sebagai salah satu kanal komunikasinya dan media promosi produk brand mereka. Biasanya, mereka memulainya dengan mempopulerkan profil lalu mengajak orang untuk bergabung dalam facebook mereka.




2.2  Bisnis Online
            Bisnis adalah upaya usaha yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan. Sedangakan pengertian bisnis online adalah upaya usaha untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan dengan cara yang lebih feksibel,efisien dan praktis asalkan memiliki jaringan internet. Bisnis online merupakan bisnis yang tak terbatas karena cakupan wilayahnya yang luas bisa mencapai seluruh penjuru dunia, menjelajah seluruh benua dan samudera.
Praktisnya bisnis online seringkali tidak memerlukan modal seperti bisnis yang lainnya, bahkan cara kerjanya sangatlah sederhana hanya dengan media untuk penghubung internet dan cukup bekerja dibalik layar komputer atau laptop. sekarang banyak sekali media yang bisa digunakan, dalam melakukan bisnis atau menawarkan brand salah satunaya adalah facebook . Merupakan situs jejearing sosial yang sedang buming sekarang ini dan sudah banyak orang yang menggunakan situs ini untuk berbisnis dan beriklan. Yang hasilnya pun cupuk mengagumkan karena sekarang situs ini sedang buming dimasyarakat.

2.3 Bisnis Melalui Media Facebook
Media sosial saat ini berkembanag sangat pesat, salah satunya yang sedang buming adalah facebook. Facebook terhitung sangat cepat dalam menyebar dan menginfeksi perusahaan-perusahaan yang dulunya belum berminat memanfaatkan facebook sebagai media bisnis. sekarang mulai mengunakannya karena mengingat pengguna facebook yang semakin banyak yang dirasa akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan media ini.
Malalui facebook perusahaan bisa membangun relationship antara brand, perusahaan dan juga target audien. Perusahaan-perusahaan semakin menyadari bahwa mereka bisa dengan mudah  melakukan interaksi aktif dengan pelanggan melalui facebook. Perusahaan bisa mengobservasi apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar, untuk kemudian menjawabnya dengan produk/layanan yang sesuai. Dapat di ketahui seberapa  banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan  jika harus melakukan riset tanpa bantuan facebook.  Dalam facebook terdapat beberapa fitur yang bisa gunakan untuk berbisnis. Fitur dan aplikasi yang bisa digunakan dalam berbisnis melalui facebook antara lain:
1.      Mengguanakan Marketplace
Marketplace merupakan fitur yang jarang dipakai oleh para penguna facebook. Selain itu, potensi yang dimiliki marketplace belum terlalu besar. Marketplace ini sama dengan iklan baris yang berisi layanan direktori iklan. Melalui fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan barang atau produk yang akan  jual kepada pengguana facebook. Keuntungan lainnya adalah tidak hanya menawarkan kepada pengguana facebook yang sudah menjadi teman, dalam marketplace ini juag dapat menawarkan produk kepada setiap pengguna facebook, walaupun mereka bukan teman.
Selain itu,dengan marketplace juga bisa melihat barang apa yang ditawarkan oleh pengguna facebook yang lain. Dalam marketplace, diperbolehkan untuk mengomentari promo atau produk yang ditawarkan orang yang lain. Tetapi harus hati-hati dalam menggunakan fitur marketplace karena semakin banyak dalam mem-posting iklan diwaktu yang bersamaan maka bisa dianggap sebagai sepam oleh sistem facebook.
2.      Menggunakan Ads Dan Pages
Facebook sacial ads dan pages juaga merupakan sslah satu dari media beriklan dalam facebook. Bentuknya seperti iklana baris dengan tambahan gambar,iklan yang dibuata dengan social ads dan pages akan dikirim kealamat situs yang telah ditentukan. Ini merupakan media yang efisien dalam mempromosikan produk.
Dalam social ads ini perlu dibuat dengan kata-kata dan gambar yang semenarik mungkin, sehingga orang akan lebih tertarik dengan iklan yang dibuat. Pada dasarnya tampilan social ads terbagi menjadi menjadi 3 bagian yaitu judul,gambar, dan tampilan. Dalam social ads dan pages ini, bisa menentukan target audiens yang di inginkan, mulai dari jenis kelamin, usia target, tengkat pendidikan dan status target.
3.      Facebook Publik Profile
Facebook publik  adalah tempat promosi khusus bagi individu atau korporasi yang ingin mananamkan bran-nya di facebook. Dalam facebook profile ini siapa saja bisa melakukan promosi. radiao,biro perjalanan, makanan, minuman, galeri,distro,dan sebagainya.  Semuanya boleh melakukan promosi melalui facebook publik profile, untuk memuli apliksi ini dimulai dengan memilih kategori sesuai dengan brand tersebut. Setiap pilihan berakibat pada penjelasan informasi brand yang berbeda.
4.        Promo Menggunakan Facebook
Kendala dalam sebuah usaha biasanya adalah pemasaran, inilah yang harus disingkapi oleh seorang yang sedang melakukan bisnis.  Pemasaran merupakan kendala yang besar karena pebisnis harus menjual produk dengan baik, sehingga mempunyai banyak pelangan, dan produk yang dijualpun akan laris. Sehingga bisnisnya akan tetap berjalan dan mendapatkan keuntungan yang besar. Memanfaatkan jejaring sosial yang sekarang ini banyak dilakukan kalau pebisnis,dalam pemasarannya hal ini diakui bahwa jejaring sosial salah satunya facebook bukan hanya sebagai situs yang menjaring pertemanan tetapi juga sukses memaasarka produk. Adapun tips agar promosi melalui facebook bisa menjadi sukses:
·         Personalisasikan profil
·         Perbanyak teman
·         Bergabung dalam sebuah grup ataupun membuat grup pribadi
·         Merencanakan cara pemasaran atau penjualan misalnya melalui poster,video,URL link ke sales page atau melalui pesan dan status facebook.




























BAB III
KESIMPULAN
            Dari urain diatas saya dapat menyimpulkan bahawa sekarang ini dalam melakukan bisnis begitu mudah dan bisa melalui media apapun yang penting kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Seperti halnya sekarang ini yang sedang buming adalah bisnis online. Dengan melakukan bisnis secara online menjadikan bisnis yang dijalankan lebih mudah, efisien dan efektif hal ini terbukti dari semakin banyaknya orang atau perusahaan yang memanfaatkan media online dan salah satunya  yaitu melalui facebook.
            facebook merupakan media yang multi fungsi itu terbukti dengan facebook kita bisa mendapatkan teman,kenalan, dan bahkan jodoh. selain itu bila kita bisa memanfaat secara maksimal mengerti trik dan tipsnya facebook juga bisa digunkan sebagai media bisnis. Yang sekarang ini terbukti ampuh untuk menarik konsumen karena sekarang ini jumlah pengguna facebook semakin hari semakin banyak dan terus bertambah.
 Itu merupakan peluang besar bagi orang atau perusahaan yang memanfaatkan facebook sebagai media bisnis. Melalui media facebook bisnis yang dijalankan lebih mudah  dalam mengelola, menarik konsumen, mengontro, dan juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen tanpa memerlukan biaya. Yang jika dilakukan dengan cara yang biasa, pastinya memerlukan biaya yang sangat besar dan memerlukan waktu yang cukup lama dan pastinya tidak efisien.















Daftar pustaka:
Marliana, Lina dan Nurul Khasanah. 2009. Facebook Alat Gaul dan Bisnis                                    Dahsyat Anak Muda. Jakarta: Diva pres.

Putra, Roy Chandra. 2009. Cara Mudah Bikin Blog Dan Facebook. Yogyakarta: Cosmic Book